Hidup Ini Penuh Kejutan!




/ Assalamu'alaykum /


Kalo ngomong masalah Hidup Ini Penuh Kejutan, gue jadi mau cerita tentang pengalaman gue kemarin saat gue ikut SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Masuk Perguruan Tinggi Negeri cuma pakai nilai rapot.

Singkat cerita, gue gak pernah yang namanya berharap banyak dari si SNMPTN itu sendiri. Sebab menurut gue, SNMPTN itu cuma hoki-hokian aja. Apalagi gue gak pede sama nilai gue sendiri. Dan lebih parahnya lagi, gue memilih rumpun IPS padahal gue IPA. Gue ngerasa yaudah lah gak mungkin juga gue lolos.

Akhirnya gue ikut test masuk Poltekkes Jakarta 3 dan Beasiswa Full Telkom University. Kelar!
Gak ada di pikiran gue tentang SNMPTN atau hasilnya nanti kayak gimana sama sekali gak gue pikirin. Seiring berjalannya waktu, pengumuman poltekkes dibuka. YA! GUE GAGAL! G A G A L. Padahal itu yang gue harapkan jadi Analis Kesehatan. Gue nangis. Mau gimana lagi :(

Pengumuman tinggal SNMPTN dan Beasiswa Full Telkom University. Malemnya, gue berdoa sama Allah "Ya Allah, Hamba gak mau memilih. Tapi pilihkanlah Universitas yang baik untuk Hamba kedepannya." Udah lah gue serahin aja sama Allah.

Keesokan harinya pengumuman SNMPTN. Gue gak mau buka. Kira-kira jam 2 siang pengumumannya dibuka. Gue sengaja masak telor dilama-lamain biar lewat sampe jam 2 hehe. Terus gue diomelin lah sama bokap. Katanya "Pengecut masa gitu aja gak mau buka". Sip.

Singkat cerita, gue minta tolong bukain sama temen gue karena berhubung Wifi rumah gue error.

Dan.....gue LOLOS SNMPTN jurusan Hukum. Bener-bener gak bisa ngomong. Dan besoknya gue buka pengumuman Beasiswa Telkom, gue gagal.

Pelajaran yang gue dapet dari pengalaman gue adalah: Kadang yang gak direncanain, yang gak diharapin itu bakal dateng ke kehidupan kita. Tanpa kita sadarin, yang menurut kita baik, belum tentu baik bagi Allah dan begitupun sebaliknya. "Oh.. jadi hidup ini Full Of Surprise". Gak perlu jadi orang yang pusing-pusing mikirin rencana kedepannya. Tapi, jadi lah orang yang ikhlas menjalankan hidup dan punya planning untuk BESOK dan bukan untuk NANTI.

Tapi, punya planning untuk nanti juga boleh. Asal diimbangin oleh usaha dan doa. Semua yang kita dapet itu gak terlepas dari takdir Allah, kok. Hidup ini tuh pilihan. Kalian mau bawa diri kalian kemana ya bebas. Sebab yang tadi gue bilang, Hidup ini adalah pilihan.

Maaf kalo ada yang gak setuju dengan pandangan gue. Karena ini emang pure dengan pengalaman gue. Dan dari setiap persoalan, pasti ada pembelajaran yang terselip di balik itu semua.

Have a nice day!

Komentar

Postingan Populer